Sang Pembawa Risalah

Rabu, 24 November 2010

Assalamualaikum bro and sis..pa kabar nih? masih di kasih nafaskan sama Allah, Alhamdulillah..Thanks Allah. oya gimana kabar keluarga ente? sehat-sehat wae khan, cause kemaren keluaga ane lagi pada banyak yang sakit, doain ye biar cepat sembuh. Tidak bisa dipungkiri keluarga adalah komponen yang tidak bisa dipisahkan dari diri kita. I Love my family...how about u men?

Kadang sedih juga yha liat bangsa kita yang kian hari makin terpuruk, bahkan terpuruk dalam lubang yang sangaaat dalam...berapa meter yah kira-kira dalamnya? nggak nyambung kali. Kalau mau dikaji-kaji permasalahan yang ada di negeri kita ibarat benang kusut yang susah untuk diperbaiki, tapi tenang aja guys..harapan itu masih ada kok.


Sejenak kita melirik akhwat, ups..salah tulis bro, menelisik sejarah kehidupan Rasulullah saw yang membina masyarakat yang begitu jahiliah bin ndeso berubah menjadi sebuah peradaban raksasa yang tak pernah pudar sampai detik ini. kok bisa yha Rasul merubah keadaan yang begitu jahil menuju keadaan yang penuh gemilang?

Jawabannya apa anak-anak...eh maap bin sori nih maksudnya kakak2 and abang2 yang ganteng gitu lho. ternyata yang bisa merubah keadaan masyarakat jahiliah pada waktu itu adalah berkat dakwah Rasulullah saw yang begitu lembut dan penuh bijaksana kepada siapapun.

Dakwah..apaan tu dakwah?kagak ngerti gue, oke guys..jangan khawatir ane akan jelasin ke ente apa itu dakwah. kata dakwah sebenarya terambil dari bahasa Arab yaitu Da'a yadu'u yang artinya dalam bahasa indonesia raya mengajak atau himbauan. and biasanya nih bro kata dakwah ini selalu disambungkan dengan kata-kata dakwah ilallah yaitu mengajak orang untuk kembali kepada agama Allah.

Allah swt berfirman surat An-Nahl 125 yang artinya: dan serulah ke jalan Tuhanmu dengan cara yang penuh hikmah dan pengajaran yang baik. Ayat ini menjelaskan kepada kita untuk berdakwah dengan cara-cara diajarkan Rasulullah saw yaitu dengan penuh kelembutan dan bijaksana. Dalam ayat lain Allah juga jelaskan bahwa kita ini adalah Sebaik-baik umat yang menyeru manusia kepada kebaikan dan mencegah dari pada kemunkaran sebagaimana yang Allah jelasakan dalam surat Ali Imran ayat 110.

Coba tanyakan pada diri kita dhe...sudahkan kita menjadi umat yang terbaik? atau malah menjadi umat yang ter..ter..apa yah, pokoknya gitu dhe. gimana seh jadi umat yang terbaik itu? berdakwah bro ! karena tidak ada perkataan yang lebih baik dari pada perkataan yang mengajak orang kepada kebaikan, sepakat..

Gue kan bukan Ustad, bukan santri, mana bisa ceramah fren. Dakwah itu bukan ceramah aja bro..ceramah hanyalah salah satu sarana dakwah, banyak kok hal yang bisa kita lakuin dalam berdakwah. kita sholat berjama'ah ke masjid aja adalah dakwah yang sangat baik, cause memberi contoh dalam kebaikan adalah dakwah yang sangat efektif.

Islah nafsak wad'u ghairak, perbaikilah dirimu dan serulah yang lain. inilah salah satu perkataan "the Great Teacher of Dakwah" Imam Hasan Al Banna bahwa inti dari dakwah itu adalah memperbaiki diri kita masing-masing and tak lupa mengajak orang lain untuk ikut dalam memperbaiki dirinya juga.

Trus..gimana sih caranya memperbaiki diri? tenang aja bro, caranya mudah kok. satu hal yang harus ente lakukan adalah mencari lingkungan yang baik, dengan mencari kawan-kawan yang bisa mendukung kita dalam perubahan kepada yang lebih baik. 

Kalau kita sebagai seorang mahasiswa di sebuah universitas, coba dhe kita gabung dengan organisasi-oraganisasi Islam yang ada seperti Lembaga Dakwah Kampus, atau kalau kita siswa SMA join aja dengan teman-teman di Rohis. karena berkumpul dengan orang-orang shaleh akan menjadikan kita termotivasi untuk beribadah. karena biasanya teman2 di LDK dan Rohis mengadakan kajian mingguan dengan seorang mentor yang akan selalu menasehati kita.

Sobat Muslim Muda..jadilah Sang Pembawa Risalah...risalah para Nabi dan Rasul, karena kita adalah pengemban dakwah Rasulullah saw setelah beliau wafat. Jangan pernah enggan untuk masuk menjadi salah satu batu bata yang akan meninggikan bangunan Islam ini. karena Allah sudah berjanji bahwa kemenangan akan menjadi milik umat Islam. dan Dakwah adalah nafas kehidupan, tarbiyah sendi perjuangan Demi tegaknya ISLAM di permukaan bumi Allah ini.

Akhrie. R
Istana SINAI, 25 November 2010


0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Generasi Rabbani All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.