Yang Muda Yang Luar Biasa

Kamis, 17 Februari 2011


Aduh, bingung mau nulis apa, padahal dari tadi cari ide. tapi kok nggak dapat-dapat yha? mungkin sinyal telkomsel lagi ada gangguan, nggak nyambung kalee! Gua sebenarnya pengen nulis tentang peranan penting remaja kita, karena gua liat remaja jaman sekarang hanya bisa hura-hura, keluyuran tak menentu, nge-dugem, and aktifitas yang nggak bermanfaat lainnya.

Sebenarnya kalo mereka mau mengoptimalkan potensi yang mereka miliki, maka niscaya akan terjadi perubahan dahsyat. Apalagi kalo potensi-potensi mereka disatukan dalam suatu kelompok jama'ah, Wuih...bisa merubah dunia. Biidznillah!. nggak percaya? buktinya rezim Mubarak yang diktator sendiri bisa ditumbangkan oleh para pemuda revolusi yang setia berdiri di alun-alun pembebasan "Maydan Tahrir" begitu kami menyebutnya.

Prends...kalo kita flasback balik ke jaman para sahabat. generasi terbaik umat ini. maka kita akan temukan jiwa-jiwa pejuang dalam dada mereka. padahal umur mereka tak jauh beda dari kita-kita. contohnya sahabat Ali bin Abi Thalib masuk Islam pada umur 8 tahun hampir sama dengan Zubair bin Awwam, kemudian Ja'far bin Abi Thalib (18). Utsman bin Affan (20) Umar bin Khattab (26). Bahkan ada yang berprestasi di usia muda, yakni Usamah bin Zaid yang ketika diangkat menjadi panglima perang usianya masih cukup belia 18 tahun.


Ada lagi yang keren seperti Muhammad Al Fatih sang penakluk konstatinopel, padahal umurnya pada waktu antara 23 tahun. Obsesi tujuh abad itu terwujud ditangan seorang pemuda. Dialah sebaik-baik pemimpin dan tentaranya adalah sebaik-baik tentara seperti disebutkan dalam hadits Rasul.

Masih banyak pahlawan muda kita, diantaranya Thariq bin Ziyad. Waktu itu tahun 92 H/711 M. Pasukan kaum muslimin dibawah pimpinan panglima muda berusia 25 tahun bela-belain menyeberangi selat Gibraltar biar sampe di Spanyol. Atas pertolongan Allah, pasukan Raja Roderick yang berkekuatan 100.000 pasukan tumbang di tangan pasukan kaum muslimin yang hanya berjumlah 7000 plus 5000 pasukan tambahan.

Prends, Muhammad Al Fatih atau Thariq bin Ziyad hanya dua gelintir aja pemuda Islam yang oke banget, Bukan karena fisiknya yang macho atau wajahnya yang cute. Tapi karena konstribusinya yang besar terhadap Islam. 

Trus, gimana dengan remaja kita sekarang? kalo teman-teman yang selalu update berita di tivi, koran atau internet pasti sudah bosan mendengar berita pembunuhan, pemerkosaan, tawuran, nge drug, premanisme de el el. Itulah sebagian potret buram remaja kita jaman sekarang. mereka hanya membebek istilah pak O.solihin dalam bukunya "jangan jadi bebek". mengikuti apa kata dunia barat, orang barat pake anting di hidung, eh, kita malah ikut-ikutan bahkan lebih parah. Naudzubillah!

Emang sih, nggak semua remaja kita kayak gitu, sayangnya mereka lebih memilih kegiatan yang memanjakan diri sendiri dibanding upaya mereka mendongkrak produktifitasnya untuk hal yang bermanfaat. Diajak untuk mengahadiri majelis ta'lim, halaqah atau ngaji saja susah? Hmm, kalo begitu gimana mau jadi pemuda muslim yang ideal atau jadi CIA (Cowok Incaran Akhwat) hehehe.

So, remaja muslim tu harus ngelakuin apain seh biar jadi keren bin beken. and nggak dianggap hanya bisa hura-hura. Remaja juga bisa berkarya nyata dan berjasa bagi bangsa, negara dan agama. 

Untuk itu, hal pertama yang mesti kita perbuat adalah nuntut ilmu. Yap, dengan belajar Islam, kita jadi tambah wawasan Islam, tahu kondisi umat Islam dan makin mengenal kemulian aturan hidup dalam Islam. 

Hal kedua yang nggak kalah pentingnya adalah mengaitkan prilaku di dunia dengan kehidupan akhirat kelak. karena setiap desah nafas kita akan dipertanggungjawabkan di hadapan mahkamah Allah yang kita tidak bisa bersembunyi dan lari dari-Nya. Dengan begitu, kita akan lebih waspada dengan godaan materi atau maksiat yang bisa menyeret kita masuk ke kubangan dosa.

Nah prends, tunggu apa lagi, jangan tunda sampai esok hari, mulai hari ini ikut ngaji, Insya Allah hidup loe bakalan penuh dengan warna warni. Ayo...semangat bro, kalo bukan kita siapa lagi!

Akhrie. R
Negeri Pelangi, 17 Februari 2011

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Generasi Rabbani All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.