Terus Gue Harus Bilang Wow Gitu

Selasa, 28 Agustus 2012



Anak muda sekarang memang punya banyak bahasa alay untuk mengungkapkan perasaan mereka. Dulu kita sering mendengar kata-kata "Galau" sekarang berubah menjadi sebuah kalimat "Terus Gue Harus Bilang Wow Gitu". Tampaknya kalimat ini menggambarkan isi hati seorang remaja yang ingin selalu diperhatikan, disanjung dan puji. Ya nggak? Apalagi kalo sampe yang bilang wow adalah cewek manis bisa-bisa fly. hehe

Sobat fillah, kalau hidup ini hanya untuk mencari perhatian dan penilaian manusia kita bakalan capek. Sebab, segala sesuatu yang kita kerjakan niatnya hanyalah untuk diliat manusia. Kalo nggak ada orang yang liat kita nggak kerja, tapi pas ada orang lain sok rajin, sok khusyuk dan sok-sok lainnya. Itulah yang disebut dengan riya'. Sepele memang tapi kalo nggak hati-hati bisa bikin brekele.

Tak ada salahnya memang ketika ada orang lain yang memuji pekerjaan kita. Tapi yang salah adalah ketika niat kita sudah berubah. Awalnya memang ikhlas semata-mata mencari ridho Allah, lambat laun bisa berubah jika kita tidak menjaga niat kita. Makanya disunnahkan untuk selalu mentajdid niat ketika ingin melakukan sesuatu. Bahwa apapun yang kita lakukan hanyalah untuk Allah bukan untuk mencari perhatian manusia. Sehingga ada atau tidak ada orang yang memuji kita tetap dan selalu beramal.

Sebenarnya kata-kata wow adalah kata yang menggambarkan sebuah ketakjuban ketika melihat sesuatu. Tapi di dalam Islam kita punya banyak kalimah thayyibah untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa. Seperti kata-kata "Masya Allah". Seorang muslim yang baik tentu akan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Islam. Jadi alangkah bagusnya jika kata-kata wow kita ganti menjadi masya Allah. Artinya adalah semua yang terjadi adalah kehendak Allah. Tanpa ada campur tangan Allah mustahil sesuatu itu akan terjadi. Semuanya sudah diatur oleh Sang Maha Kuasa.

From now, mari sama-sama kita tajdid niat setiap melakukan sesuatu. Apapun yang kita kerjakan semata-mata hanyalah untuk mencari keridhoan Allah. Sebab kata-kata wow dari manusia tak akan bermanfaat di akhirat kelak. Semua amal yang kita kerjakan akan menjadi sia-sia kalau hanya mengarapkan "wow" dari manusia. Semoga Allah menerima segala amal ibadah kita. Amin... 



Akhrie Rabbani
Kampung Sepuluh, 29 Agustus 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Generasi Rabbani All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.