Energi Al Ma'tsurat

Minggu, 18 Maret 2012


Bismillah

Sobahul ful akhi! Apa kabar nih? semoga tetap ceria and semangat dalam melakukan aktifitas. Ane yakin antum semua sudah pada sholat subuh kan...hehe trus, abis sholat ngapain donk? Ya, baca Qur'an, baca buku pelajaran dan tak lupa satu lagi baca al Ma'tsurat. udah belom? 

Yup, btw apaan tuh al Ma'tsurat? al Ma'tsurat adalah adzkar shobah wal masa' atau dalam bahasa Indonesianya zikir pagi dan sore hari. Zikir pagi ini boleh dibaca dari pagi sampe zuhur, maksud ane waktunya kapan aja dari ba'da subuh sampe sebelum sholat zuhur. Begitu juga dengan zikir sore yang dimulai waktunya dari ba'da ashar sampe ba'da isya.

Sebenarnya Al Ma'tsurat ini adalah salah satu risalah yang ditulis Imam Hasan Al Banna dalam Risalah Pergerakannya. Ketika beliau mendirikan Ikhwanul Muslimin, ia sangat berkeinginan untuk membangun generasi robbani. Generasi yang sama seperti generasi para sahabat dan salafussaleh. Karena mereka adalah sebaik-baik generasi dalam umat ini. 

Al ma’tsurat merupakan kumpulan dzikir dan doa yang dikumpulkan oleh Imam Hasan Al Banna yang diambil dari hadits-hadits Nabi saw untuk dibaca oleh setiap anggota jama’ah Ikhwanul Muslimin khususnya atau seluruh kaum muslimin pada umumnya agar senantiasa mengingat Allah swt dan berada dalam ketaatan kepada-Nya.

Oleh sebab itu Imam Al Banna mengambil sarana yang bermacam-macam. Sehingga dengan sarana tersebut bisa melahirkan generasi robbani yang tangguh dalam setiap gerak hidupnya. Salah satu sarana yang paling penting adalah dengan berzikir kepada Allah swt, sehingga bisa meningkatkan keimanan. Imam Al Banna mengumpulkan zikir-zikir tersebut dari hadits-hadits Rasulullah saw yang diambil dari kitab-kitab shohih.

Allah swt untuk memerintahkan kepada kita untuk banyak-banyak berzikir. Dimanapun dan kapanpun. Banyak sekali ayat Al Qur'an yang menjelaskan keutamaan orang-orang yang berzikir. Dalam surat Al Ahzab Allah mengatakan "Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang."

Dengan banyak berzikir juga akan memberikan ketenangan dalam hidup kita. Sebagaimana dalam firman Allah “Hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang.” (QS. Ar Rad: 28)

Imam Al Banna mengatakan,”Apabila engkau mengetahui, wahai akh yang mulia, maka janganlah engkau merasa aneh jika seorang muslim senantiasa mengingat Allah disetiap keadaannya, mewarisi Nabi saw—dialah sebaik-baik makhluk—didalam dzikir, doa, syukur, tasbih dan tahmid disetiap keadaan baik yang kecil, besar maupun yang dianggap remeh.

Mas bro and mbak Sis, luar biasa sekali manfaat yang kita dapatkan ketika kita selalu berzikir kepada Allah. Allah akan selalu membantu kita di setiap kesusahan yang kita hadapi.  Saya jadi teringat salah satu artikel di dakwatuna.com "Kalau kita punya masalah, jangan katakan Ya Allah, saya punya masalah, tapi katakan pada masalah saya punya Allah."

Akhrie Robbani
Kampoeng Sepoeloeh, 10 Maret 2012
Seusai baca Al Ma'tsurat





1 komentar:

Unknown mengatakan...

Maaf mau nanya ka, boleh tau sumber referensi tulisan ini? Kalau ada mohon infonya karena sedang mencari referensi tentang sejarah al-ma'tsurat
Terimakasih

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Generasi Rabbani All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.